Mondang Sianturi. Kepala Sekolah Ti

Mondang Sianturi S.Pd Kepala Sekolah Tiara Veritas School , Founder Sweety Day Care & Shineturi Day care...

Selengkapnya
Navigasi Web

WEBINAR INTERNET PENDIDIKAN JABODETABEK

Setelah sukses melaksanakan berbagai Webinar dengan berbagai materi, Media guru kembali melakukan acara bergengsi yaitu  Webinar Internet Pendidikan Jabodetabek . Pada hari ini Selasa 02 juni 2020 lewat virtual Zoom dan Youtube.  Kegiatan ini dilaksanakan oleh media guru yang bekerja sama dengan  Indosat Ooredo .Acara ini diikuti peserta ,darii berbagai wilayah,yang dimulai sekitar  09.00 – 11.30 WIB.

 Acara dibuka oleh Pimpinan Umum MG Indonesia,  Ceo Gurusiana bpk Mohammad Ihsan ,  sekaligus bertindak menjadi  host dan moderator.Beliau terlebih dahulu memperkenalkan para narasumber lalu menjelaskan melalui internet MG telah banyak melakukan pelatihan menulis buku seperti : Sagusabu online,Sasisabu online juga merubah KTI menjadi buku.Jika selama ini KTI tidak terlalu banyak dibaca orang , sekarang bisa dibuat menjadi buku dan akan memiliki nilai lebih bagi penulisnya.Demikian bpk CEO mengakhiri paparannya.

Lalu dilanjutkan narasumber pertama dari pihak Indosat,yaitu ibu Eva .Dalam paparannya beliau megucapkan terimakasih atas kesempatan  kokaborasi antara MG dan Indosat ooredoo.Indosat berkomitmen berkontribusi dalam pendidikan melalui internet.pada kesempatan tersebut Indosat juga memberikan  hadiah dan mengapresiasi  tulisan terbaik tentang reportase Webinar kali ini.

Narasumber kedua yaitu Bapak Salim Somad, kepala LPMP DKI Jakarta.Dengan terlebih dahulu .mengucapkan "  Selamat  Lebaran untuk kita yang ikut didalam  WEBINAR Jabodetabek .Beliau juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih serta rasa bangga terhadap MG atas perannya dalam literasi.LPMP telah bekerjasama dengan MG sejak tahun 2019. Bapak Salim juga  menyatakan" kami berharap ada guru yang bisa mengisi Jurnal lingkar di LPMP DKI Jakarta.Menurut beliau sangat banyak manfaat internet dalam pembelajaran ,walaupun ada beberapa hal yang menjadi tantangan yang ditemukan seperti:

Terbatasnya Fasilitas internet , sehingga banyak sekolah dan guru guru belum semua mampu menggunakan internet sebagai media pembelajaran

Guru harus belajar menyesuakan diri dan  berlatih menggunakan media internet untuk meningkatkan kompetensi

 Saat era pandemi covid 19 ini banyak perubahan dalam pembelajaran online .hal ini tentu menuntut guru harus lebih  mempersiapkan diri. Sesuai surat edaran Mendikbud no 4 tahun 2020 tentang

-Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa Covid 19 yang melakukan pembelajaran dari rumah.( BDR)

- Pemberlakuan Phsycal distancing ,Jaga jarak dalam mencegah pandemi Coviid.

Beliau juga menjelaskan beberapa  tugas dan fungsi LPMP diantaranya

* Pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan

* Pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah

* Supervisi satuan pendidikan

*Memfasilitasi peningkatan mutu pendidikan

* Pelaksanaan urusan administrasi LPMP

Masih seputar LPMP , beliau juga mengatakan bahwa LPMP Jakarta melakukan penelitian dengan menjadikan pengawas juga kepala sekolah sebagai responden.Dari penelitian tersebut didapatkan hasilnya yaitu:

*Keterbatasan kemampuan IT serta keterbatasan lainnya , sehingga pengawas mengalami hambatan komunikasi dengan pihak sekolah sehingga hal ini perlu mendapatkan  pembinaan.

* Kepala sekolah juga mengalami hambatan berkoordinasi dengan guru.Peran guru tidak  dapat digantikan dengan teknologi , Internet juga memiliki banyak keterbatasan .

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan  menghadirkan beberapa narasumber , ternyata masih banyak pemateri  lainnnya dari  LPMP DKI yaitu: 

Haryanto ,S.Kom memaparkan materi tentang  @ Pengembangan Teknologi Pembelajaran ( PTP) LPMP DKI Jakarta. Dengan judul Kriteria Pendidikan Pembelajaran dimasa Pandemi belajar bersama dalam jaringan.

 Valeria Sonata,S.Si.MM.Th,  Guru  SMA Ichtus  @Virtual Reality untuk  mengatasi kejenuhan siswa  juga memudahkan simulasi HOTS.,dalam hal ini guru harus menyiapkan sarana  yang akan digunakan

 Tuti Agiawati,S.Pd.MM. Kepala SDN 03 Rambutan Jakarta. @ Asik dengan Google  Suite for Education

Yang dimaksud dengan ASIK dengan GSE adalah: 

-Aktif menggunakan GSE, mengkomunikasijan serta menganalisis

-Sharing,berbagi pengalaman ilmuu juga hasil pembelajaran 

- Inovatif , dapat membuat materi bahan ajar yang bervariasi

- Kreatif, dapat memodifikasi bahan ajar,membuat karya dari barang bekas serta lingkungan sekitar

Dr.Asep Sutisna Sanjaya M.Pd, Guru SDN -03  Klender Jakarta @ Hypnoteaching daring pemicu produk kreatif siswa, hal ini dilakukan dengan menggunakan bahasa positif   danpembelajaran menyenangkan.

Setelah semua narasumber yang luar biasa ini berbagi ilmu , memaparkan materinya lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.Berbagai pertanyaan pun muncul dari para peserta  dan narasumber dengan senang hati menjawabnya.

Terimakasih  Media Guru, dan semua narasumber .Webinar kali ini benar - benar bagus dan sangat bermanfaat .banyak ilmu yang bisa saya dapatkan , semoga bisa saya aplikasikan dalam meningkatkan kompetensi serta memajukan dunia pendidikan terlebih dalam masa pandemi Covid 19.

Tantangan H - 140

Tangerang, 2 Juni 2020.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa..keren

02 Jun
Balas

Wah ,, pak Ali yang hebat. Slm sukses pak

03 Jun

Mks bun atas apresiasi dan reportasinya

02 Jun
Balas

Bu Tuti luar biasa, smg ilmunya bs sy implementasikn di lmbaga

03 Jun

Saya kmaren malah bingung saking bsnyaknya webinar

03 Jun
Balas

Ikut webinar ini, jd ketinggalan webinar ferstifal hijau sinar mas land bu

03 Jun



search

New Post